Kamis, 05 Januari 2012

Cara merawat kulit yang berjerawat

Jerawat adalah masalah yang cukup memusingkan untuk sebagian besar remaja apalagi kaum wanita. Jerawat merupakan peradangan kulit yang menimbulkan nanah akibat tertutupnya pori-pori kulit. Banyak penyebab timbulnya jerawat mulai dari kulit yang berminyak, bakteri, sel-sel kulit mati, makanan, kosmetik, hormonal, stress, dll.
Tapi jangan khawatir selama kita merawat kulit muka kita dengan benar dan telaten, kulit mulus bukan masalah lagi. Cara untuk merawat kulit yang paling dasar adalah mencuci muka dengan air bersih kalau bisa dengan handuk hangat kemudian dibilas lagi dengan air dingin pada pagi dan malam hari atau setelah bepergian.
Ada berbagai cara merawat kulit mulai dari cara tradisional sampai dengan modern. Cara tradisional bisa dengan menggunakan beberapa masker yang berasala langsung dari alam seperti:
  1. masker dari daun binahong - 2 lembar daun diremas-remas sampai keluar getahnya, getah tersebut dioleskan ke wajah secara merta selama 1-2 jam,
  2. masker jeruk nipis - oleskan air jeruk nipis ke seluruh wajah untuk pemakaian pertama kali campurkan dengan air dengan perbandingan 1 air jeruk : 2 air putih.
  3. masker telur - oleskan putih telur keseluruh wajah biarkan 15-20 menit, kemudian bilas dengan handuk hangat.
Cara modern tentunya dengan pemakain obat-obat kimia, sebaiknya dengan petunjuk dokter spesialis kulit dan apabila mau mencoba pemakaian cream uka coba dahulu ke kulit dibelakag telinga atau leher denagn tujuan melihat apakah ada iritasi terhadap kulit kita atau tidak. Dan apabila akan mencoba cream baru sebaiknya jangan tiba-tiba berubah dari cram muka yang lama.... pertama kurangi pemakaian dosis dari cream lama mulai dari sehari sekali - dua hari sekali - seminggu dua kali - seminggu sekali - kemudian silahkan memulai mengganti dengan cream muka yang baru.

Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar