Kamis, 05 Januari 2012

Tusuk Gigi Bambu dapat menyebabkan tetanus

Tetanus atau juga lockjaw yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tertani dimana menyerang sistem saraf dan otot sehingga menyebabkan kejang-kejang. Bakteri Clostridium tetani terdapat pada tanah, saluran pencernaan dan feses binatang seperti kuda, kucing, tikus, babi, ayam, dll.
Bakteri clostridium tetani masuk ke dalam tubuh melalui luka atau infeksi dari jaringan tubuh dengan perantara benda seperti paku yang berkarat dan tusuk gigi bambu.
Kenalan saya meninggal karena tetanus disebabkan oleh infeksi dari daerah gusi karena menggunakan tusuk gigi dari bambu. Gejala awalnya hanya dari makanan yang tersangkut di giginya dibersihkan dengan tusuk gigi, kemusian gusinya bengkak tapi beberapa hari kemudian pembengkakan gusi sembuh. Pembengkakan gusi memang sembuh dengan sendirinya tetapi rahang jadi sulit untuk digerakkan dan mengalami demam. Beberapa kali pergi ke dokter dan diberi obat, tidak ada praduga ke arah tetanus.
Setelah sekitar 2 minggu dari sembuhnya pembengkakan gusi beliau mengalami kejang-kejang dan tidak sadarkan diri. Oleh teman terdekatnya langsung dibawa ke ICU dan sempat bertahan 4 hari sebelum dipanggil oleh Yang Mahakuasa.
Oleh karena itu, gunakanalah pembersih gigi yang aman seperti benang pembersih gigi atau dental floss.

1 komentar:

  1. waaaaaaaaduuhh... aku sering nih pake tusuk gigi.. kdg2 malah aku simpen tuh tusuk gigi buat dipake berkali kali.. sekarang ga lagi deh, aku kumur pake air aja.. scptnya ak tambal..
    thanks sharenya ya..

    BalasHapus